Kelompok Tani Kabupaten Pakpak Bharat Laksanakan Pelatihan pembuatan pupuk organik dan Pemberantasan hama Penyakit pada Tanaman


Pakpak Bharat, bidikkasusnews.com - Beberapa kelompok tani kabupaten pakpak Bharat melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk organik dan pemberantasan hama penyakit pada tanaman. 

Pemerintah kabupaten Pakpak Bharat melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian mengadakan kegiatan Pengembangan kapasitas kelembagaan petani di Kecamatan dan Desa dalam bentuk pelatihan pembuatan pupuk organik dan pelatihan pemberantasan hama penyakit cabai merah, bawang merah dan Kentang bagi para petani dan PPL dari seluruh Kecamatan di Pakpak Bharat. 

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat mengundang Ir. Anto Nababan, M. Si. dari UPT. Balai Pelatihan Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura provinsi Sumatera Utara sebagai narasumber dalam pelatihan ini.

Didalam pelatihan ini peserta di bimbing secara khusus dalam untuk membuat pupuk organik dan cara pemberantasan hama penyakit pada cabai merah, bawang merah dan kentang.

Pupuk organik sangat bermanfaat bagi peningkatan produksi pertanian baik kualitas maupun kuantitas, mengurangi pencemaran lingkungan, dan meningkatkan kualitas lahan secara berkelanjutan. Penggunaan pupuk organik dalam jangka panjang dapat meningkatkan produktivitas lahan dan dapat mencegah degradasi lahan.

Bupati Pakpak Bharat, Franc Bernhard Tumanggor melalui Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pakpak Bharat, Adei Johan Banurea, SP, MP berharap dengan diadakannya kegiatan ini, para petani menjadi mengerti manfaat dan cara membuat pupuk organik sendiri.

 Secara bertahap ketergantungan terhadap pupuk kimia sintetik bisa kita kurangi. Selain itu juga dengan pupuk organik ini, kita akan mewariskan tanah yang subur untuk anak cucu kita, ucap Adei Johan Menyampaikan pesan Bupati.

(T.Tumangger)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami