Waduh, Warga Medan Krio Resah Akibat Tumpukan Sampah Menimbulkan Aroma Bau Busuk

Sunggal, Bidikkasusnews.com - Warga masyarakat yang tinggal dijalan PT. IRA Didusun VI Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang, merasa resa, akibat aroma bau busuk yang datang dari pembuangan sampah yang sangat menyengat kehidung mereka yang tinggal sekitar pembuangan tersebut.

Adapun Lokasi pembuangan sampah yang dikelola BUMDES Desa Medan Krio, Sunggal. berbulan -bulan warga Dusun VI Desa Medan Krio merasa resah atas pembuangan sampah yang berada dilokasi pemukiman warga. Pasalnya, hampir setiap hari warga mencium aroma bauk busuk dari pembuangan limbah sampah masyarakat yang dikelola oleh BUMDES Medan Krio.

Saat dilokasi pantauan Wartawan memang ada aroma bau busuk yang dihasilkan dari limbah pembuangan sampah tersebut. Apa lagi belakangan ini rumah tempat tinggal kami saat ini banyak dikerumuni lalat akibat adanya tumpukan sampah yang semakin banyak yang berada disekitar ini.

“ Kami kwatir, satu saat nanti aroma tumpukan sampah yang sudah semakin busuk pasti sangat bau sekali Pak, dikatakan sala satu warga Nani (50) yang tinggal diseputaran kepada wartawan, Jumat, (24/7/20).

Akibat adanya pembuangan sampah di Dusun VI tersebut, kami warga masyarakat yang tinggal didusun VI Desa Medan Krio Kecamatan Sunggal Deliserdang ada 30 orang lebih sudah melaporkan ke kepala desa Medan Krio juga melaporkan masalah ini ke Kecamatan Sunggal, bahkan DLH Kabupaten Deli Serdang Kata beberapa warga setempat.

“Maka dari itu kami Warga dusun VI berharap agar permasalahan sampah ini dapat teratasi. Secepat mungkin karena banyak warga yang sangat resah atas tumpukan limbah sampah yang menimbulkan aroma bau busuk.
Kepala Desa Medan Krio, Suprayetno ketika dikonfirmasi Wartawan terkait tumpukan pembuangan limba sampah melalui Telpon genggam selularnya mengatakan ada apa bang red) terkait buangan sampah, itu sudah dipiralkan bang, dan sudah masuk ke Sala satu berita online, dalam waktu dekat ini kami besama warga desa akan rapat musyawara membahas tentang pembuangan sampah yang ada Didusun VI Desa Medan Krio kecamatan Sunggal Kabupaten Deliserdang.

Terpisa ketika Kadis Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Deliserdang Artini Marpaung dikonfirmasi melalui Telpon genggam selularnya Terkait permasalahan sampah di Desa Medan Krio, mengatakan itu sudah jelas mengangkangi peraturan yang ada, kalau untuk Tempat Pembuangan Sampa (TPA) Pemerntah harusla ada uji kelayakan, peruntukan, bahkan harus ada Instalasi Pengelolahan Air Limba (IPAL) dan Analisis Mengenal Dampak Lingkungan (AMDAL) serta dongkumen yang lengkap dari DLH, baru bisa dibangun TPA, tapi kalau dilokasi tersebut dibangun TPA apalagi sekitar banyak warga bahkan perumahan tempat tinggal, dekat sama tempat pendidikan tidak bisa ada TPA dilokasi tersebut," dikatakan, Artini.

Artini menambakan, seharusnya Kepala Desa Medan Krio, mengarahkan warganya untuk membuang sampah ke daerah yang sudah diadakan Pemerintah, ya itu TPA di Namu Rube, agar sampah jangan dibuang tidak pada TPA, kami dari DLH Deliserdang akan menindaklanjuti permasalahan sampah yang ada didesa Medan Krio tersebut. “Terima kasih, akan kita tindak lanjuti secepatnya .” Imbuhnya Artini.
(M. Parulian. Simanjuntak)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami