Bawaslu Kabupaten Samosir Laksanakan Rapat Koordinasi Dan Evaluasi Pelaksanaan Pemutahiran Data Pemilih Tahun 2020

Samosir, bidikkasusnews.com - Bawaslu Kabupaten Samosir menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Pemutakhiran Data Bersama Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan se-Kabupaten Samosir, dilaksanakan Kamis, 30-07-2020, bertempat di Lokasi Objek Wisata Batu Hoda desa Cinta Dame Kecamatan Simanindo.

Rapat kerja tersebut dibuka Ketua Bawaslu Samosir Anggiat Sinaga, didampingi Komisioner Bawaslu, Robintang Naibaho, SH, Rianto Nainggolan SH, Korsek Bawaslu Samosir Rita Bakkara.

Rapat kerja tersebut juga dihadiri Hardi Munthe anggota Bawaslu Sumatera Utara, Benget Silitonga SH, anggota KPU Sumatera Utara, serta Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir, SP.

Dalam materi yang dibawakan, Hardi Munthe menyampaikan bahwa semua tahapan harus diawasi serta memastikan protokoler kesehatan dipatuhi oleh semuanya, terutama oleh jajaran Bawaslu.

“Seperti Mars Bawaslu, menegakkan keadilan itu berat. Salah satunya adalah memastikan hak politik.Yakni hak dipilih dan memilih. Hak itu harus dilindungi oleh semua pihak,” jelas Hardi.

Lebih lanjut Hardi mengatakan, untuk prosedur coklit atau pencocokan dan penelitian dipastikan dilakukan di lapangan.

“Hati hati bicara hak konstitusi. Kalau ada yang sengaja menghilangkan hak bisa pidana. Terdaftarnya seseorang dalam Daftar pemilih adalah sangat penting. Perhatikan apakah pemilik nama TNI Polri, sudah meninggal, pindah domisili, terganggu jiwa atau hak pilihnya dicabut pengadilan,” ujarnya.

Hardi mengingatkan, untuk selalu mencatat yang berhak dan mencoret yang tidak berhak dan membetulkan yang salah.

“Amati, kaji, periksa kalau ada penyimpangan, dan nilai proses berdasarkan undang-undang,” ujar Hardi
Anggota Bawaslu Samosir Divisi PHL Rianto Nainggolan, menjelaskan bahwa rapat koordinasi yang diadakan bertujuan untuk lebih membuka wawasan dan membentuk mindset para anggota Panwascam se-Kabupaten Samosir ataupun jajaran di bawahnya, agar selalu memiliki integritas dan profesionalitas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai aparatur pengawas demi suksesnya Pilkada Tahun 2020.

Dalam sesi tanya jawab, beberapa Panwascam menyampaikan berbagai pertanyaan serta meminta saran dari Bawaslu dan KPU.

Setiap Panwascam Kecamatan juga memaparkan progres tahapan kegiatan serta kendala-kendala yang dihadapi dilapangan.

Dalam laporannya Ketua Panitia Elman Silalahi melaporkan bahwa kegiatan tersebut di ikuti 27 Panwascam se-Samosir beserta satu orang staf dari setiap kecamatan. 
(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami