Beroperasi Sejak Tahun 1940, PKS Pabatu Beroperasi Dengan Mengutamakan Mutu

Pematang Siantar, Bidikkasusnews.com -
Sejarah Pabrik Pabatu dimulai sejak tahun 1940.Terletak di kabupaten Serdang Bedagai, saat ini Pabrik Kelapa Sawit milik PT. Perkebunan Nusantara IV itu telah beroperasi selama kurang lebih 81 tahun. Walau telah berusia tua namun PKS Pabatu masih mampu mengolah Tandan Buah Segar ( TBS ) sesuai dengan kapasitas terpasang yakni 30 ton TBS/jam dan ditambah dengan Pabrik Pengolahan Inti Sawit  dengan Kapasitas 16 Ron/jam serta total operasi selama 22 jam perhari. 

TBS yang diolah di PKS Pabatu terdiri dari hasil produksi kebun Pabatu dan kebun Marjandi serta TBS pihak ke 3 yang dibeli dari pihak ke 3 dengan seleksi yang sangat ketat.

Manager PKS Kebun Pabatu, Yudhi Hari Prabowo saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 19 April 2021 mengatakan operasi PKS Pabatu berjalan normal  dengan mengolah TBS yang diproduksi oleh kebun Pabatu, dan Marjandi serta buah hasil pembelian dari pihak ke 3. Pembelian TBS yang diperoleh dari pihak ke 3 dilakukan dengan harga bersaing dan diseleksi atau  penyortiran buah yang sangat ketat sesuai standar yang telah ditetapkan demi menjaga kualitas mutu produksi yang dihasilkan.

Untuk menjaga kualitas mutu, pasokan buah untuk diolah di PKS Pabatu dilakukan seleksi yang sangat ketat, kata manager PKS Pabatu tersebut. Selain berbicara tentang mutu, PKS Pabatu dalam operasionalnya juga dikenal sebagai perusahaan yang sangat peduli dan sangat menjaga lingkungan.

Berdasarkan data yang diperoleh dengan waktu operasional 22 jam perhari, PKS Pabatu menghasilkan limbah cair sebanyak 400 m3 perhari, dan limbah yang dihasilkan juga dikelola dengan baik dan  dimanfaatkan dengan cara di Land  application ke AFD I s/d ADF VII atau limbah  cair yang dihasilkan digunakan sebagai aplikasi lahan dengan pemanfaatan limbah cair dari industri kelapa sawit untuk digunakan sebagai bahan penyubur atau pemupukan tanaman kelapa sawit dalam areal perkebunan kelapa sawit itu sendiri. Dari data yang diperoleh, 400 m3 limbah cair yang dihasilkan PKS milik PTPN IV itu di Land application ke AFD I s/d AFD VII kebun Pabatu dengan menggunakan truk Tanki. 

(M Said Nasution)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami