Rapat Paripurna V tentang penyampaian Nota Keuangan wali kota Pematangsiantar di hadiri Wakil Walikota Togar Sitorus SE.MM

Siantar, bidikkasusnews.com - wakil walikota mengikuti rapat paripurna V di kantor DPRD  tentang penyampaian nota keuangan wali kota Pematangsiantar atas ranperda kota Pematangsiantar tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2020,Senin (12/07/2021).

Walikota yang diwakili Wakil wali kota Pematangsiantar Togar Sitorus SE.MM Penyampaian nota keuangan atas rancangan peraturan daerah (RANPERDA) tentang pertanggung jawaban pelaksanaan apbd kota pematangsiantar hari ini merupakan pelaksanaan ketentuan sebagaimana diatur pada pasal 320 ayat (1) undang-undang no. 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang no. 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, yang menegaskan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan rancangan peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan apbd kepada DPRD berupa laporan keuangan yang telah diperiksa oleh badan pemeriksa keuangan (BPK). 

dari substansi pasal tersebut maka dapat disimpulkan,penyampaian pertanggung jawaban pelaksanaan APBD pada esensinya merupakan kewajiban pemerintah daerah untuk menjelaskan kinerja pelaksanaan APBD kepada DPRD dan masyarakat, sekaligus merupakan wahana evaluasi penilaian kinerja pemerintahan untuk periode satu tahun anggaran. 

Kota pematangsiantar saat ini diarahkan pada upaya peningkatan pendapatan per kapita masyarakat yang dibarengi oleh modernisasi dan pertumbuhan ekonomi dengan memperhatikan aspek pemerataan pen dapatan (income equity), kesempatan kerja, laju pertumbuhan penduduk, dan perubahan struktur ekonomi daerah. Dalam kurun waktu 5 tahun terakhir kinerja perekonomian kota pematangsiantar menunjukkan terjadinya peningkatan, hal ini terlihat dari makin meningkatnya nilai PDRB kota pematangsiantar. 

Hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan dan program pembangunan yang dilaksanakan mampu mendorong perkembangan perekonomian kota pematangsiantar, yang dari sisi makro ekonomi memperlihatkan trend perkembangan yang makin meningkat. Salah satu faktor yang memberikan dampak pada peningkatan tersebut adalah perkembangan investasi, baik yang dilakukan oleh pemerintah maupun swasta telah mampu memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian kota pematangsiantar.

Turut hadir Pj Sekda kota Pematangsiantar Zulkifli S. IP, MM, Asisten dan staf ahli kota pematangsiantar,OPD kota Pematangsiantar, Camat sekota pematangsiantar,BUMD kota Pematangsiantar.

(Nas)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami