PPKM Level 3 Pemkab Samosir Ada Pengecualian (Kelonggaran) Untuk Pesta Adat Kematian



Samosir, bidikkasusnews.com - Sesuai Instruksi Bupati Samosir Nomor 2 dan 3 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3, maka perpanjangan PPKM level 3 masih berlaku hingga hari ini, Senin 9-8-2021. PPKM Level 3 belum berakhir penuh, Pemerintah Kabupaten Samosir sudah kecualikan larangan pelaksanaan pesta adat kematian atau meninggal dunia.


Dirilis Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Samosir yang disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kominfo Samosir yang sekaligus juru bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Samosir, Rohani Bakkara melalui pesan Whatsapp, Senin 9-8-2021 pukul 10.51 Wib, dalam sehari, tepatnya Minggu, 8-8-2021 terjadi penambahan 26 kasus baru Covid-19 di daerah itu.

Disampaikan, data perkembangan Covid-19 yang dihimpun dari Dinas Kesehatan Kabupaten Samosir hingga, Minggu, 8-8-2021, tambah 26 kasus baru, 31 sembuh, kasus aktif 383 orang, meninggal dunia 35 orang, dan kumulatif konfirmasi positif 1.392 sejak Tahun 2020.

"Dari data di atas, angka sembuh lebih tinggi dari angka kasus baru. 
Kita berharap melalui perpanjangan PPKM mikro, kasus per harinya dapat semakin menurun yang didukung oleh konsistensi pelaksanaannya secara nyata di lapangan setiap harinya," sebutnya.

Dilanjutkan, selain itu penjagaan pintu-pintu masuk secara ketat, pelarangan pelaksanaan pesta adat istiadat pernikahan kecuali untuk acara adat meninggal dunia berhubungan erat dengan penurunan angka konfirmasi positif harian.

Dijelaskan, penurunan angka dikarenakan secara khusus pada hari Rabu, 11-8-2021. Tahun Baru Islam 1443 Hijriah, para petugas jaga pada pintu-pintu masuk ke Samosir secara tegas tidak mengizinkan pelaku perjalanan masuk ke Samosir jika tidak melengkapi syarat-syarat yang diminta, yaitu surat vaksin dan hasil rapid test 2x24 jam.

"Kita berharap, meskipun batas waktu PPKM mikro telah berakhir, pelaksanaan SOP bagi pelaku perjalanan tetap diberlakukan dalam upaya pengendalian Covid-19 dan membuat Kabupaten Samosir kembali kepada zona hijau," ujarnya.

Ditambahkan, Satgas Covid-19 Kabupaten Samosir berharap dalam beberapa waktu ke depan penurunan angka kasus konfirmasi positif dapat ditekan dengan PPKM mikro secara ketat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan.

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami