PTPN IV Unit Kebun Panai Jaya Serahkan Bantuan Untuk Renovasi Mesjid Baiturrahman Desa Panipahan


Pematang Siantar, bidikkasusnews.com
PT. Perkebunan Nusantara IV adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha agroindustri. PTPN IV yang menjadi anak usaha dari PTPN III dalam  menjalankan bisnisnya dikenal sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang perkebunan dengan  komoditas kelapa sawit dan teh yang mencakup pengolahan areal dan tanaman, kebun bibit dan pemeliharaan tanaman menghasilkan, pengolahan komoditas menjadi bahan baku berbagai industri, pemasaran komoditas yang dihasilkan dan kegiatan pendukung lainnya. 

Dalam menjalankan bisnisnya, PTPN IV memiliki 30 Unit Usaha dengan  budidaya Kelapa Sawit dan 1 Unit Usaha yang mengelola budidaya Teh ditambah 1 Unit Kebun Plasma Kelapa Sawit, serta 1 Unit Usaha Perbengkelan (PMT Dolok Ilir). Bisnis perkebunan yang dikelola oleh PTPN IV tersebar di sembilan (9) Kabupaten, yaitu Kabupaten Langkat, Deli Serdang, Serdang Bedagai, Simalungun, Asahan, Labuhan Batu, Padang Lawas, Batubara dan Mandailing Natal. Dalam menopang pengelolaan bisnisnya, PTPN IV mengoperasikan 16 Unit Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dengan kapasitas total 635 ton Tandan Buah Segar (TBS) perjam, 2 unit Pabrik Teh dengan kapasitas total 155 ton Daun Teh Basah (DTB) perhari, serta 2 unit Pabrik Pengolahan Inti Sawit dengan kapasitas 405 ton perhari dan satu unit pabrik mesin tenera ditambah dengan satu unit  balai benih.

Sebagai perusahaan yang beroperasi di 9 kabupaten diwilayah provinsi Sumatera Utara, satu unit kebun yang dikelola oleh PTPN IV, yaitu kebun Panai Jaya berbatasan langsung dengan provinsi Riau.

Dalam mengelola bisnis perkebunan kelapa sawit dan teh Perusahaan tampak sangat menyadari program tanggung jawab sosial sebagai  investasi bagi perusahaan demi pertumbuhan yang keberlanjutan. Program tanggung jawab sosial merupakan komitmen perusahaan untuk mendukung terciptanya pembangunan berkelanjutan.


Dan untuk hal ini PTPN IV menerapkannya melalui  program Corporate Social Responsibility (CSR) dimana hal ini dilaksanakan  sebagai salah satu bentuk implementasi dari konsep tata kelola perusahaan yang baik.

Untuk malaksanakan komitmen terhadap program CSR tersebut baru baru ini PTPN IV melalui unit usaha kebun Panai Jaya menyerahkan bantuan bagi renovasi mesjid Baiturrahman  desa  Panipahan, Kecamatan Pasir Limau Kapas kabupaten Rokan Hilir, provinsi Riau.

Bantuan uang senilai Rp. 12 juta untuk renovasi mesjid Baiturrahman desa Panipahan itu diserahkan melalui unit kebun Panai Jaya,  Senin (15/11/2021) kepada BKM mesjid Baiturrahman disaksikan oleh pemerintahan Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Kab. Rokan Hilir.

Penyerahan Bantuan untuk renovasi Masjid Baiturrahman dengan nilai sebesar Rp12 juta itu di terima langsung oleh Pengurus BKM Mesjid Baiturrahman,  dan acara penyerahan Bantuan juga dihadiri oleh Manajemen PTPN IV Kebun Panai Jaya, Ismail SP (Manager Kebun), Rusdianto (Asst. APK), Suroto (SPBUN).dan jajaran masyarakat Desa Panipahan termasuk  Edy Syahrial S.Kep (Kepala Desa Panipahan), Ishak (Pengurus BKM), dan beberapa perangkat desa.

Maneger Kebun Panai Jaya Ismail, Sp dalam kesempatan itu mengatakan kiranya  bantuan yang diberikan oleh PTPN IV tersebut dapat mempercepat renovasi pembangunan Masjid Baiturrahman di Desa Panipahan.”Saya juga berharap kepada pemerintahan desa dan seluruh lapisan masyarakat untuk dapat meningkatkan bekerjasama dengan perusahaan terutama dalam bidang keamanan,”.

Dalam kesempatan itu Ismail Sp selaku manager unit kebun Panai Jaya juga menjelaskan bahwa bantuan Rp  12 juta yang diberikan merupakan bantuan dari PTPN IV melalui program Bina Lingkungan yang diberikan untuk membantu  merenovasi Masjid Baiturrahman desa Panipahan.

Sementara itu, Ishak mewakili BKM Masjid Baiturrahman desa Panipahan mengucapkan terima kasih kepada Perusahaan PTPN IV yang telah memberi bantuan sebesar Rp. 12 juta untuk renovasi mesjid Baiturrahman melalui  kebun Panai Jaya.

Ia juga berharap bantuan yang diberikan dapat menjadi amal jariah bagi PTPN IV dan mendapat ganjaran yang setimpal  dari  Allah SWT. Mudah mudahan  kebun Panai Jaya sebagai salah satu perusahaan yang dikelola oleh PTPN IV, kedepan dapat lebih maju dan berjaya, ucapnya.

Sikap respons  dari PTPN IV melalui  Kebun Panai Jaya tersebut juga mendapat apresiasi dari pihak pemerintahan setempat dimana  Kepala Desa Edy Syahrial S.Kep yang juga hadir pada acara penyerahan Bina lingkungan mengatakan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada PTPN IV melalui Kebun Panai Jaya. 

( M Said nasution )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami