Rakor Pengamanan Nataru Bersama Forkopimda: Kapoldasu: 147 titik Jalan Rusak Segera Diperbaiki


Medan, bidikkasusnews. Com - Kapolda Sumut Irjen Panca Putra Simanjuntak mengatakan 147 titik ruas jalan mengalami kerusakan dan perlu segera diperbaiki sehingga warga yang mudik aman diperjalanan.

"Kita berharap dengan waktu yang ada saat ini, agar dinas terkait (Dinas Pekerjaan Umum) segera memperbaiki infrastruktur yang rusak sehingga warga yang mudik pada Natal dan tahun baru tidak terganggu," kata Irjen Panca Putra Simanjuntak kepada wartawan usai melaksanakan rapat koordinasi pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru) di aula Tribrata Poldasu, Jumat (16/12) siang.

Rapat koordinasi pengamanan Nataru itu dihadiri Kapolda Sumut Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak bersama Pangdam I BB Mayjen TNI Daniel A Chardin, Sekda Provsu Arief Sudarto, KA BNNP Sumut Brigjen Tiga Habinsaran Panjaitan serta para pejabat lainnya.

"Hari ini kita mengikuti rapat koordinasi tingkat pusat yang dilaksanakan bersama Mabes Polri secara zoom mendengar kesiapan lembaga mengamankan dan memberi jaminan kepada masyarakat yang akan Merayakan Natal dan Tahun Baru," kata Panca Putra Simanjuntak.

Menurutnya, dalam rangka mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023 Polri didukung TNI bersama pemerintah daerah untuk melaksanakan operasi pengamanan.

Panca mengungkapkan, untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat saat Natura Polda Sumut akan melaksanakan Operasi Lilin Toba 2022. Kegiatan operasi ini dilaksanakan mulai 23 Desember hingga tanggal 2 Januari 2023.

"Sebelum Operasi Lilin Toba 2022 digelar akan dilaksanakan apel gelar pasukannya di Lanud Soewondo pada 22 Desember 2022 mendatang," ungkapnya pengamanan ini dapat berjalan dengan baik Polda Sumut harus membangun kerjasama dengan seluruh stakeholder. 

"Makanya kita laksanakan rapat hari ini untuk memastikan semua pihak untuk mendukung pengamanan baik itu menyangkut prasarana dan sarana jalan," ujar jenderal bintang dua tersebut.

Panca menambahkan, Polda Sumut dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru fokus dalam objek jalur serta gereja. Untuk objek jalur masih ada 147 ruas jalan masih dalam pengerjaan perbaikan oleh Dinas PU Sumut sehingga sebelum Nataru kondisinya sudah siap diperbaiki.

"Sedangkan untuk pengamanan gereja nantinya akan melibatkan para pemuda dan pemuka agama secara bersama-sama melaksanakan pengamanan kepada saudara-saudara yang melaksanakan Perayaan Natal di Tahun dan Tahun Baru," sebutnya.

Sementara soal ketersediaan BBM (Bahan Bakar Minyak) di SPBU khususnya sepanjang kawasan Kab Toba, Humbahas dan Taput, yang setiap tahun terjadi antrian bahkan mengalami kehabisan, Kapoldasu mengatakan telah melakukan koordinasi dengan pihak Pertamina.

"Pihak Pertamina sampaikan stok BBM aman pun demikian akan dilakukan penambahan sehingga tidak lagi terjadi antrian," katanya.

Terkait ketersediaan bahan pangan, Kapoldasu juga mengatakan stok tersedia dan soal harga agar tidak menaikkan harga.

"Ketersediaan stok bahan pangan aman dan untuk mengantisipasi lonjakan harga kita telah melakukan operasi pasar. Kita minta kepada para pedagang atau distributor tidak mengambil kesempatan dengan menaikkan harga," pungkasnya. 

(Ariansyah Lubis) 

Artikel Terkait

Berita|Medan|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami