Warga Asahan Pencari Ikan Temukan Perahu Kuno Di Dasar Sungai Silau

ASAHAN, Bidikkasusnews.com - Sebuah perahu kuno yang di perkirakan berusia ratusan Taun di temukan oleh warga sekitar di dasar sungai Silau lingkungan VII Kelurahan Mutiara Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan. 

Di dinding bagian depan perahu tersebut terdapat ukiran angka 1714 yang terlihat samar samar.

Penemuan perahu tersebut di benarkan oleh Kepala Seksi Museum dan Caga Budaa Dinas Pendidikan Asahan Bay Coki Sihotang. 

Kepada wartawan Bidikkasusnews.com, lewat Telpon Celluler dia mengatakan, perahu tersebut di temukan warga sekitar bernama Nano. ( 24/05 ). 

Lanjut nya, ketika itu dia sedang mencari Ikan di sungai, lalu di lihatnya bagian depan perahu muncul di permukaan air sungai yang sedang surut.

" Nano pun penasaran, awal nya dia mengira jika bagian depan perahi tersebuy sebuah tunggul biasa " Ujarnya.

" Dan nano pun menggali timbunan lumpur yang dalam nya berkisar 2 meter, di mana lumpur tersebut sudah menenggelamkan perahu, hingga akhir nya dia bisa mnerik keluat dan membawa temuan nya ke darat " Tambahnya.

Di konfirmasi masalah tulisan angka yang tertera di dinding perahu, coki mengatakan belum bisa memastikan apakah itu tahun pembuatan atau bagaimana yang di sebut warga sebagai benda kuno.

Dia juga menjelaskan bahwa perahu tersebut panjang nya lebih kurang 10 meter dan lebar nya satu meter.

" Kita belum bisa pastikan itu perahu apa. Namun, menanggapi temuan ini kami sudah koordinasi dengan tim peneliti kebudayaan dari Provinsi Sumut, sekarang mereka sudah langsung turun dan cek ke lokasi " Tutupnya.

( INDRA SARAGIH, SE )

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami