Pj Walikota Jambi Hadiri Rapat Pleno Rekapitilasi Hasil Pemilu 2024

Jambi, bidikkasusnews.com - Pejabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, SH, MA menghadiri sekaligus membuka acara rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dalam pemilihan umum tahun 2024 tingkat kota Jambi, rapat pleno tersebut diselenggarakan langsung Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertempat di BW Luxury Hotel, Minggu pagi (03/03/2024).

Dalam sambutannya Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih menyampaikan terimakasi dan apresiasi kepada KPU dan semua pihak yang telah turut berkontribusi menyukseskan perhelatan Pemilu 2024 di Kota Jambi.

“Alhamdulillah, pelaksanaan pemilu di Kota Jambi berjalan dengan tertib dan lancar, Saya atas nama pemerintah kota jambi mengucapkan terimakasih kepada semua pihak, terutama Komisi Pemilihan Umum Kota Jambi yang telah bekerja keras mengkoordinir segala persiapan dengan semua pihak yang terkait. Dari petugas PPK, PPS, dan KPPS serta Sat Linmas Se-Kota Jambi. Demikian pula kepada Bawaslu yang telah bekerja melaksanakan pengawasan dengan baik,” ujar Sri.

Pj Wali Kota Jambi iSri Purwaningsih juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah menggunakan hak pilihnya. "Selain kepada penyelenggara Pemilu, TNI, Polri, serta stakeholders terkait lainnya, Saya juga ucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat Kota Jambi yang telah berpartisipasi dan menggunakan hak suaranya dalam pesta demokrasi ini" ucapnya.

Sri Purwaningsi juga berpesan dalam tahapan rekapitulasi ini, agar tetap menjaga kondisi kondusif, semua saksi juga diminta tetap mengawasi rekapitulasi dengan hati yang dingin hingga prosesnya selesai dengan tertib, aman dan jika ada hal-hal kecil yang terjadi dan yang akan didalami dalam proses tersebut dapat diselesaikan dengan baik dan kondusif.

"Bila ada yang belum tepat, mari kita bahas dan selesaikan di sini, jangan sampai ramai di media sosial dan merusak kondusif pesta demokrasi, karena kita masih ada agenda pesta demokrasi lagi nanti untuk memilih kepala daerah, jadi perlu kelapangan dada kelapangan berpikir, sehingga tidak sampai muncul hal-hal yang tidak kita harapkan," pesannya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Jambi Deni Rahmat mengatakan, pihaknya telah mulai menerima hasil penghitungan di tingkat kecamatan. Namun dari 11 kecamatan di Kota Jambi itu, masih ada 1 kecamatan yang belum rampung.

"Alhamdulillah, kemarin sudah kita terima kotak hasil rekapitulasi hasil tingkat kecamatan, PR kita tinggal 1 kecamatan lagi yaitu kecamatan Alam Barajo yang saat ini masih proses," ujarnya.

Ketua KPU Kota Deni Rahmat menerangkan, kalau dipresentasikan sekitar 78 persen sudah siap tinggal ada 1 kelurahan lagi yang memang membutuhkan waktu untuk melakukan rekapitulasi, dan Kota Jambi berdasarkan rakon bersama pihak eksternal dari partai politik telah bersepakat untuk kecamatan yang dimaksud, pembacaan hasilnya dilakukan hari terakhir setelah seluruh kecamatan lain selesai pembacaan.

"Kami dari KPU Kota Jambi sudah menjadwalkan dari tanggal 3, 4, dan 5 rekapitulasi di tingkat kota harus sudah selesai untuk seluruh kecamatan," terangnya.

Deni juga menyampaikan apresiasinya kepada Pemerintah Kota Jambi yang telah memfasilitasi proses tahapan Pemilu termasuk penyediaan tenaga medis bagi penyelenggara Pemilu dari tingkat penghitungan di KPPS hingga pleno di KPU Kota Jambi.

"Terkait tim medis ini, dalam hal rekapitulasi di tingkat kecamatan memang waktunya agak sedikit lama dan kerja teman-teman ad hock di bawah itu bisa dipastikan melebihi 8 jam dalam melakukan rekapitulasi, jadi kita berdiskusi dengan Pemda Kota Jambi terkait dengan support tim medis yang akan ditempatkan pada saat rekapitulasi di tingkat kecamatan, Alhamdulillah difasilitasi oleh Pemda Kota Jambi, dan untuk rekapitulasi di tingkat Kota ini juga Pemerintah Kota Jambi juga memberikan dukungan tim medisnya selama proses rekapitulasi," ujarnya. 

Deni menargetkan, proses pleno Pemilu di Kota Jambi berlangsung sesuai rencana, dan saat ini telah mencapai 82 persen.

"Penghitungan dan rekapitulasi termasuk dalam tahapan ke-9, sementara nanti ada tahapan penetapan dan pengucapan sumpah dan janji, jadi diibaratkan kalau kita berjalan, ini sudah sekitar 82% kita sudah hampir ke finish," terangnya. 

Dalam Pemilu kali ini Pemerintah Kota Jambi juga menyiapkan Posko Pemantauan Pemilu sesuai Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 300.2/239/SJ Tahun 2024 yang menginstruksikan Pemerintah Daerah membentuk Posko Pemantauan Pemilu.

Turut hadir dalam rapat pleno itu KPU, Bawaslu Kota Jambi, unsur Forkopimda Kota Jambi, Kalapas Kota Jambi, Sekda Kota Jambi, perangkat instansi terkait, beserta saksi calon Pilpres dan Pileg.

(arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami