Hari Ketiga Pembekalan Jejaring Pemuda Panca Mandala Oleh BPIP, Seluruh Peserta Menyampaikan Rencana Tindak Lanjut


Samosir, bidikkasusnews.com - Sebagaimana Susunan acara yang di susun oleh BPIP (Badan Pembina Idiologi Pancasila) melalui panitia, Kegiatan Pembekalan Jejaring Panca Mandalal Provinsi Sumatera Utara 29/3 - 1/4 2022.

Maka hari ini Kamis, 31-3-2022 hari ketiga dimana para peserta yang adalah perwakilan dari masing masing wilayah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) yang ada di Provinsi Sumatera Utara, yang mengirimkan perwakilannya.

Setiap Perwakilan dari daerah masing masing mempresentasikan/memaparkan satu persatu (1 sampai 15 perwakilan) Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari Jejaring Panca Mandala di tiap tiap daerah.

JPM (Jejaring Panca Mandala) yang ada di Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berjumlah 7 orang yang terdiri dari unsur unsur Pemerintah, Pendidikan, Dunia Usaha, Organisasi Kemasyarakatan dan Unsur Media.

RTL (Rencana Tindak Lanjut) adalah rencana yang harus disusun oleh masing masing JPM yang meliputi : Jenis Program, Deskripsi, Program, Kegiatan, Lokasi, Waktu, PIC, Dukungan.

Rencana Tindak Lanjut dibuat guna memastikan bahwa pelaksanaan kegiatan Pembekalan Jejaring Panca Mandala ini akan berkesinambungan dan sampai di tengah tengah masyarakat sampai keseluruh pelosok daerah masing masing.

Selanjutnya setelah seluruh JPM masing masing daerah mempresentasikan Rencana Tindak Lanjut, pada sesi ini, JPM perwakilan Kabupaten Samosir disampaikan oleh Reynold Panjaitan bersama Kosmas Manik.

JPM Marsiadapari adalah nama yang dipilih oleh JPM Kabupaten Samosir.

Adapun Rencana Tindak Lanjut yang disusun oleh JPM Samosir diantaranya : Mengupayakan Legalitas JPM Kabupaten Samosir, Membumikan Nilai nilai Pancasila diseluruh wilayah kabupaten Samosir, Melaksanakan berbagai kegiatan Semarak Pancasila di Kabupaten Samosir.

Selanjutnya kegiatan diteruskan dengan kegiatan Pengkondisian Pembentukan Pengurus JPM.

Dalam Kesempatan ini, JPM Marsiadapari kabupaten Samosir menyusun kepengurusannya :

Ketua : Jonsaidi Situngkir, SE (Unsur Ormas/Komunitas).

Sekretaris : Reynold Panjaitan, S.Pd (Unsur Pendidikan),

Unsur Pemerintah : Muara Parningotan, S.IP

Unsur Media : Bastian Simbolon

Unsur Dunia Usaha : Kiki Andrea

Unsur Ormas/Komunitas : Kosmas Manik,

Unsur Ormas/Komunitas : Samuel Pasaribu, A.Md


Kegiatan selanjutnya adalah menerima materi Komunikasi Massa dalam Pembumian Pancasila, dilanjutkan dengan materi Literasi TIK (Theknologi Informasi Dan Komunikasi dalam rangka Pembumian Pancasila, selanjutnya Pengelolaan Media dalam rangka Pembumian Pancasila.

Kegiatan akhir pada hari ketiga, panitia melaksanakan Persiapan Deklarasi yang meliputi : - Finalisasi Naskah Deklarasi, - Pembentukan Pengurus Pusat Jejaring Panca Mandala. 

(Bastian Simbolon)

Artikel Terkait

Berita|Sumut|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami