Upaya Peningkatan Kapasitas Pemadam Dan Penyelamatan Kebakaran, PJ Walikota Jambi Buka Diklat Damkar

Kota Jambi, bidikkasusnews.com - Dampak dari Bencana Kebakaran sangatlah memprihatinkan, bukan cuma kerugian materi bahkan tak jarang menelan korban fisik maupun Korban Jiwa, menyikapi Dampak dari Bencana Kebaran tersebut PJ Walikota Jambi Sri Purwaningsih, SH, M.A.P membuka Diklat Pemadam 1 Guna meningkatkan pengetahuan, keterampilan hingga kualitaspersonil di Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan).Kota Jambi, Rabu (24/04/2024).

“Kita berharap Damkartan Kota Jambi bukan hanya pemadam kebakaran, namun juga menjadi penyelamat dan pelayanan untuk masyarakat, khususnya di Kota Jambi,” ucap Sri.

PJ Walikota Jambi Sri Purwaningsih juga menerangkan, tak hanya soal kapasitas sebagai pemadam kebakaran, Sri juga mengingatkan, agar para personel Damkartan Kota Jambi khususnya, dapat melakukan langkah cepat dalam melakukan pemadaman, quick respon agar kerugian besar dapat diminimalisir.

“Kita harus ikut bagaimana penanggulangan yang dibuat tim Damkartan dalam peletakkan pengamanan. Agar tidak terjadi kebakaran, dan juga harus quick respon," ujar Sri. 

Selain itu Sri Purwaningsih juga mengingatkan, mengenai pasca kebakaran yang mana dapat memastikan bangunan agar tetap aman. "Selain api padam, pastikan juga bangunan tersebut aman, agar bisa dimanfaatkan lagi dengan demikian APBD juga akan terbantu," Imbuhnya. 

Menyinggung keterbatasan APBD, Sri mengatakan, ada Perda Kota Jambi yang mengatur soal pemberian bantuan terhadap korban bencana kebakaran dan lainnya.

“Terkait memberikan bantuan terhadap kerusakan bangunan yang parah kepada korban kebakaran dengan kriteria dan ukuran tertentu yang diatur Perda Kota Jambi,” terang Sri.

Sri Purwaningsih juga mengingatkan, kepada peserta pendidikan dan pelatihan tersebut untuk fokus mengikuti pendidikan dan pelatihan serta saling bersinergi.

"Ada instruktur, praktik, jangan tegang dan stres, terus fokus dengan mengkosongkan pikiran, serta ikuti arahan instruktur dan tentunya harus saling bersinergi satu sama lainnya," tutur PJ Walikota Sri Purwaningsih.

Kegiatan Diklat Damkartan ini juga dihadiri oleh Sekda Kota Jambi, A Ridwan, Kepala Dinas Damkartan Kota Jambi, Mustari Affandi beserta jajaran.(Arf)

Artikel Terkait

Berita|Jambi|
View Comments

Komentar

Info Menarik Lainnya

 


 

VIDEO

Video|0

BIDIKKASUSNEWS.COM

Thanks To : PT MEDIA BIDIK KASUS GROUP | |

Like Fans Page Kami